Selasa, 02 September 2008

Uang Kuno di Utara Pasar Bringharjo

Oleh : Suharno dari Komunitas Kejawen Jogja

Yogyakarta selain dikenal sebagai kota budaya dan pendidikan, juga dikenal sebagai kota yang unik dan kota serba ada. Kita membutuhkan pakaian, makanan, hasil kerajinan, bahkan sampai benda-benda antik dan koleksi, semua ada di Jogja. Untuk mendapatkan benda antik atau benda koleksi kita cukup menelusuri gang yang berada tepat disebelah utara Pasar Bringharjo.
Di gang ini ada sekitar 35 kios yang berjualan benda-benda cantik dan benda koleksi. Bagi kolektor benda antik di gang ini kita bisa dapatkan benda-benda antik seperti setrika arang, kartu pos, perangko, patung, kacamata model lama bahkan komponen Tv yang komponennya sangat sulit untuk didapatkan di toko.
Bagi pecinta koleksi uang lama bisa datang ke tempat ini dan memiliki uang yang diinginkan untuk dikoleksi. Untuk mendapatkan uang kertas lama kita cukup mengeluarkan dana lima ribu rupiah untuk uang kertas buatan Indonesia, sedangkan untuk uang buatan luar negeri dibandrol mulai sepuluh ribu rupiah. Uang kertas lama dengan harga tigaratus ribuan juga tersedia di gang ini. Beberapa uang lama buatan luar negeri ada yang buatan Jepang, Brazil dan Jerman . Uang lama logam di gang ini juga banyak dijual . Rata-rata uang lama logam disini dihargai mulai seribu rupiah. Tahun yang ada di mata uang yang dijual di gang utara Pasar Bringharjo ini ada yang tahun 80an, 70an, 60an bahkan yang tanpa tahun pun juga tersedia. Bila ingin melihat uang logam bertuliskan huruf latin, huruf jawa dan huruf arab dalam satu mata uang di gang utara Pasar Bringharjo ini, barang tersebut sangat mudah didapatkan. Kaset-kaset lagu lama di gang ini juga sangat mudah didapatkan seperti koleksi tahun 80an dan 70an.
Anda ingin berjalan-jalan di gang utara Bringharjo? Kios-kios disini akan buka mulai pukul 8 pagi samapi 5 sore dan akan ramai dikunjungi pengunjung pada musim liburan. Bila Anda ingin membeli benda-benda koleksi yang original sebaiknya Anda teliti dengan cermat supaya Anda tidak mendapatkan benda koleksi yang dipoles.

Tidak ada komentar: